Monday, April 28, 2008

Internet in Indonesia



Internet and Masyarakat Indonesia
Dengan kebijakan menkominfo untuk memblokir beberapa situs yang akhirnya hanya beberapa content youtube.com yang di blokir. Bukan rahasia lagi internet adalah suatu gebrakan technology yang dasyat. Informasi apa saja bisa di dapat darinya, di dunia internet sudah melebihi dari sebuah kultur, tapi struktur bisnis dan perpindahan ekonomi dalam skala besar telah terjadi di Amerika.

Masyarakat Indonesia pun tidak bisa lari dari itu, ABG di kota kecil seperti Malang telah menggunakan Friendster untuk mencari dan melacak teman-temanya. Warnet telah merambah seluruh penjuru Indonesia, dan Service provider mulai melakukan perang tariff, hal ini akan memacu pertumbuhan pengguna internet yang sekarang 23%.

Email dan search engine seperti google dan yahoo menguasai pengguna internet Indonesia yang pada umumya masyarakat masih sangat awam tentang internet. Sedangkan di tingkat corporate, terutama nasional dan internasional sudah mulai masuk ke jenjang internet market. Dalam dua tahun terakhir adalah awal era e-commerce.

Hukum di Indonesia masih belum jelas mengenai internet, dan belum banyak kasus mengenai hak cipta maupun fraud (terutama) yang sering terjadipun belum serious penangananya. Internet menjanjikan kebebasan informasi, telekomunikasi murah dan juga ancaman bagi sebagian industry. Oportunitas yang sangat luas juga di janjikan karena sifat internet yang global, mudah-mudahan kita semua bisa memanfaatkan sebaik-baiknya.


"The children have to save themselves these days because the parents have no clue."
Karen Pommeroy from Donnie Darko by Richard Kelly

No comments: