Monday, June 09, 2008

Challanges for Kompas.com

KOMPAS.COM kanibalis produk sendiri atau revenue stream?

Sebulan yang lalu kompas.com launching online produk mereka, terlihat ada lonjakan traffic yang tidak signifikan, internet business memang sedikit tricky, dalam saat yang sama detik mempunyai traffic yang parallel, news portal memiliki sifat yang boring, paling lama orang bisa baca berita selama 1 jam, masuknya kompas.com sebagai portal itu berarti 2 jam baca berita, untuk online itu lifecycle yang menjenuhkan, internet menawarkan banyak hal yang lebih entertaining.

Kalau kanibalis produk sendiri itu pasti tapi tidak akan signifikan, yang jelas transisi dari media Koran ke online yang sifatnya free orang akan dengan mudahnya mengakses informasi, termasuk buku dan subjek2 yang di cari banyak orang baik untuk konsumsi maupun riset.

Internet merupakan wadah informasi yang luas dan borderless, internet akan terus menekan koran2 akan kualitas jurnalisme mereka. Pembaca akan lebih peka akan kualitas berita, jurnalisme tertantang, dengan mengalirnya gelombang blogger yang datang dari kalangan intelektual menyajikan report berbahasa Indonesia.

Seiring transisi media dari Koran, TV dan Radio ke internet, innovasi terbaru di dunia komersial media.

No comments: