Tuesday, July 22, 2008

Ahmad Dhani Marketing and Brand

Music Industry (entertaintment) penuh dengan sensasi, siapa yang bikin sensasi dialah yang di cintai, memasarkan music sangat tidak mudah, apa lagi dengan keluarnya PC dan Laptop yang sedikit banyak membantu pembajakan music secara legal dilengkapi dengan CD writer. Ahmad Dhani di sini adalah seorang sosok pemimpin yang membawa teman-temanya ke tempat yang lebih baik. Karena dia di permudah oleh regulasi pemerintah tentang pembajakan sehingga DEWA lah yang menjadi komoditi bukan CD DEWA yang distribusinya di kuasai label.

Networking

Ketika dari bandara LAX di Los Angeles saya barengan satu pesawat dengan DEWA menuju Jakarta, mama saya sempat ngobrol dengan mereka, dia adalah sosok yang selalu harus mendapat perhatian, di manapun dia berada, dan dia tahu bagaimana caranya mendapat perhatian itu. Ahmad Dhani mempunyai Network yang luas, dia sangat mengerti pentingnya networking di dunia bisnis, mungkin dia adalah Music Entrepreneur yang benar2 established di masa yang cukup muda.

TV Exposure

Dunia infotainment di Indonesia memang overblown, oleh karena itu dia butuh content, jadi di sini terjadi simbiosis mutualisme. Sejak awal ratu sudah bisa di mengerti tentang perbedaan segmen di Indonesia, yang tidak kena oleh DEWA akan di suguhi RATU, yang tidak kena juga, ada Andra and the Backbone, Once dan seterusnya, bahkan bukan tidak mungkin kalau dia memasuki dunia anak2.

Dalam Berbisnis

Large corporations mulai melirik selebritis untuk branding produk mereka. Peluang ini benar2 di manfaatkan oleh Ahmad Dhani. Dewi-Dewi mendapatkan endorsement dari salah satu consumer electronic product manufacture sebelum album mereka keluar, padahal nilai penjualan CD mereka di seluruh Indonesia belum tentu separo dari endorsement tersebut. Dhani bisa membuat group music apapun sekarang dan bakal laku di masyarakat.

Success

Di kasus ini mungkin sangat didukung oleh leadership, bagaimana orang segitu banyak nurut ke program-program yang di tulis Dhani, kemungkinan dia tidak tahu apa-apa tentang marketing atau branding, tapi music business in Indonesia, dialah orangnya. Dia tahu sejak awal, bagaimana music bisa success di Indonesia, dia contoh best practiced SLANK waktu itu, dia masuk pada moment yang tepat, tapi perbedaan dia dengan SLANK adalah dia siapkan successor yang berlapis dan aggressive expansions. Dhani bisa memposisiskan dirinya bicara di hadapan UN Security Council,itu bukan hal yang biasa saja.

Akan ada pro-dan con tentang ini,di system yang demokratis rakyat Indonesia yang telah memilih.

Your friends, www.nolimitidea.com

No comments: